Taking too long? Close loading screen.
Lima Bintang

The Tielman Brothers: Bapak Indorock Dunia

The Tielman Brothers

5bintang.id – Sebelum Hendrix, lebih dulu dari The Beatles, juga dari The Who dan Led Zeppelin, band asal Indonesia The Tielman Brothers telah memulai era rock-nya sendiri di luar negeri. Era Indorock!

Reggy, Andy, Ponthon, dan Loulou mulai bermusik sejak tahun 1945 di Surabaya, karena sang ayah, Herman Tielman, adalah kapten KNIL yang bertugas di sana. Nama mereka saat itu, The Timor Rhythm Brothers.

Tielman Brothers Hijrah ke Belanda

Karir The Timor Rhythm Brothers di Surabaya sudah cukup mentereng. Mereka dipercaya untuk tampil di berbagai acara di seputaran Surabaya. Hingga akhirnya, mereka dipercaya tampil di hadapan Presiden Soekarno pada 1949.

Kesempatan untuk bisa melakukan tour besar-besaran di Indonesia pun datang. Namun, mereka harus memilih untuk menjadi Warga Negara Indonesia.

Herman Tielman tidak mengambil tawaran tersebut. Ia pun pada 1957 memboyong keluarganya hijrah ke Belanda karena merasa karir mereka akan lebih cemerlang di Eropa. Tepatnya pada tanggal 23 Maret 1957 keluarga Tielman pun pindah ke Belanda, mereka tiba di Rotterdam pada 26 Maret 1957 dan tinggal di Breda.

Tepatnya pada tanggal 23 Maret 1957 keluarga Tielman pun pindah ke Belanda, mereka tiba di Rotterdam pada 26 Maret 1957 dan ditampung di Breda.

Setelah tiba di Belanda, The Timor Rhythm Brothers berlatih selama sebulan baru kemudian tampil untuk pertama kalinya pada 11 Mei 1957. Penampilan berlangsung di Teater Concordia Di Van Coothplein.

Namun pertunjukan perdana Eropa yang diumumkan secara resmi berlangsung pada 19 Mei 1957. Saat itu mereka masih menggunakan nama The Four Tielman Brothers.

Setahun sejak penampilan resmi perdana mereka pada 1958, The Tielman Brothers ambil bagian dari Paviliun Belanda di Brussels World Fair Belgia. Tielman Brothers pun mengambil kesempatan itu untuk tampil maksimal walaupun hanya 15 menit. Mereka pun menggairahkan penonton dengan bermusik sambil menampilkan atraksi akrobatik.

Album Rock n’ Roll Pertama Di Belanda

Selepas itu The Tielman Brothers mendapatkan kontrak rekaman dari Label Belgia, Fernap Records. The Tielman Brothers merilis single Album pertama mereka yang berjudul Rock Little Baby Of Mine. Publik rupanya menganggap album itu sebagai rekaman Rock n’ Roll pertama di Belanda.

Indorock Bukan Indonesian Rock

Anak-anak muda keturunan Indonesia (Indo) yang tumbuh di negeri Belanda seperti The Tielman Brothers ikut ambil bagian sejarah ketika mereka menggabungkan pakem Elvis Presley, Chuck Berry, dan Jerry Lee Lewis dengan irama country, keroncong, dan Hawaiian. Hasilnya adalah sirkus rock & roll yang lebih dikenal sebagai Indorock.

Kala itu, para musisi indorock melakukan eksplorasi instrumental yang terbilang amat berani. Pola yang biasa digunakan multi-gitaris; terdiri dari tiga pemain gitar; dua pemegang lead dan seorang penjaga pondasi ritem.

Mereka mengedepankan skill jempolan, bak cacing kepanasan di atas panggung. Mengocok gitar pakai kaki, main lempar-lemparan instrumen, duck walking, lompat bergulingan, memanjat contra bass hingga akrobat solo drum.

Indo di sini bukan kependekan dari Indonesia, melainkan ras peranakan silang antara orang Indonesia perantauan dengan Belanda tulen. Kebanyakan mereka lahir dari orang tua mantan prajurit KNIL yang memutuskan hijrah ke Belanda paska kemerdekaan Republik Indonesia sepenuhnya, sebagaimana Herman Tielman memboyong The Tielman Brothers ke Belanda.

Baca artikel tentang musik menarik lainnya di Lima Bintang News.

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Lima Bintang Records

Alamat :

Jl. Kalibata Utara II, RT.2/RW.7, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

email :  andra.bagindas@5bintang.id

Phone  +62 812 8064 4188