Taking too long? Close loading screen.
Lima Bintang

Konflik Antar Musisi Yang Melarang Lagunya Dinyanyikan Musisi Lain

Larangan Menyanykan Lagu

5Bintang.id – Konflik antar musisi yang terjadi antara Ahmad Dhani dan Once soal performing rights yang berujung kepada pelarangan masih segar dalam ingatan.

Tapi sesungguhnya konflik antar musisi yang tidak mengizinkan lagunya dimainkan oleh musisi lain secara spesifik dan terang-terangan, macam polemik Dhani dan Once, bukan hanya sekali terjadi. Sebelum Dhani VS Once, musisi-musisi ini sudah lebih dulu melarang karyanya dinyanyikan orang lain secara spesifik.

Konflik Antar Musisi: Doadibadai Hollo, Kerispatih, dan Sammy Simorangkir

Doadibadai Hollo atau Badai melarang tegas Kerispatih dan Sammy Simorangkir menyanyikan lagu-lagunya tanpa seizinnya.

Konflik Antar Musisi: Doadibadai Hollo, Kerispatih, dan Sammy Simorangkir

Per tanggal 28 Oktober 2022, Badai menyatakan secara terbuka melarang reunian Kerispatih dan Sammy Simorangkir memakai lagunya dalam acara apapun, selama tidak ada izin tertulis atau tidak ada deal profesional dari event organizer atau artis yang terkait dengannya.

Konflik antar musisi ini buntut dari digelarnya festival musik yang menampilkan Kerispatih dan Sammy Simorangkir. Penyelenggara merasa tidak perlu meminta izin langsung kepada Badai atas lagu-lagu yang dimainkan. Pihak EO sendiri pun merasa sudah menghubungi WAMI, lembaga di mana Badai juga bernaung sejak 2009.

Konflik Antara Posan Tobing Dengan Kotak

Konflik Antara Posan Tobing Dengan Kotak

Oktober 2022, mantan drummer band Kotak, Posan Tobing menanggapi pernyataan Kotak yang mengaku tak pernah membawakan lagu-lagu ciptaannya sejak 2011. Dalam klaimnya, Posan Tobing menyebut bahwa Kotak membawakan lagu-lagu ciptaannya di atas panggung. Namun, dia tidak pernah mendapat hak royalti atas lagu tersebut.

Istiqamah Djamad

Oktober 2017, Istiqamah Djamad atau Is, vokalis Payung teduh saat itu kesal dengan cover lagu “Akad” oleh Hanin Dhiya. Menurutnya, saat itu, Hanin Dhiya telah mengambil keuntungan dari Payung Teduh dengan mengunggahnya ke layanan streaming service Spotify. Tidak hanya itu, dalam kutipan di media, Pusakata juga kecewa karena Hanin telah merubah lirik dari lagu tersebut.

Konflik Antar Musisi Rieka Roslan Dengan The Groove

Konflik Antar Musisi Rieka Roslan Dengan The Groove

6 November 2022, The Groove mendepak Rieka Roslan untuk kali kedua. Sebelumnya, The Groove pernah juga mendepak Rieka Roslan pada 2005 silam.

Pada sebuah wawancara ia memberikan pernyataan bahwa The Groove wajib minta izin tertulis yang ia tandatangani apabila ingin memakai lagu-lagu ciptaannya. Keputusan itu berujung kepada didepaknya Rieka dari kolaborasinya bersama The Groove.

Dhaniel Mardhany

6 April 2021, Daniel Mardhany, mantan vocalist Deadsquad, melarang Deadsquad memainkan lagu-lagunya.

Daniel mengaku lelah harus selalu mencari tahu dari tiap event apakah karyanya yang sempat Deadsquad bawakan hak komersialnya tersalurkan atau tidak. Oleh sebab itu lah Dhaniel, sang pemilik & pencipta karya, memutuskan tidak usah memberikan ijin sekalian.

Baca artikel musik menarik lainnya di Lima Bintang Record News.

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Lima Bintang Records

Alamat :

Jl. Kalibata Utara II, RT.2/RW.7, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

email :  andra.bagindas@5bintang.id

Phone  +62 812 8064 4188