Taking too long? Close loading screen.
Lima Bintang

Hari Film Nasional: Peran Musik Dalam Film

Hari Film Nasional

Latar Belakang Hari Film nasional

5bintang.id – Perayaan Hari Film Nasional (HFN) setiap tahun bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri akan kualitas film nasional. Di samping itu HFN juga dijadikan refleksi ekosistem film di Indonesia setiap tahunnya. Itulah sebabnya penetapan tanggal HFN diambil dari tanggal pengambilan gambar film pertama karya anak bangsa, yang berjudul Darah Dan Doa.

Darah Dan Doa (1950): Landasan Hari Film Nasional

Usmar Ismail adalah anak bangsa pertama yang berhasil menyutradarai sebuah film berjudul Darah dan Doa. Pengambilan gambar pertama Darah dan Doa terjadi pada 30 Maret 1950. Hal itu kemudian menjadi landasan bagi BJ Habibie dalam meresmikan HFN melalui Keputusan Presiden Nomor 25 tahun 1999 tentang Hari Film Nasional.

Darah Dan Doa adalah film pertama yang disutradarai oleh anak bangsa, Usmar Ismail, pada 1950. Tanggal perdana pengambilan gambar film ini dijadikan sebagai tanggal perayaan Hari Film Nasional

Film dan Musik

Perfilman Nasional telah banyak berkembang sejak film pertama karya anak bangsa terjadi. Dalam perjalanannya, beriringan dengan perkembangan zaman, film mengalami banyak kemajuan. Mulai dari produksi hingga pasca produksi film telah amat berkembang seiring zaman.

Perkembangan film tentu saja didukung juga oleh elemen lain yang menjadikan sebuah film semakin kuat pesannya. Salah satu elemen itu adalah Musik.

Musik memberi dimensi ekstra pada film. Pesan visual dalam sebuah film butuh dukungan musik dalam penyampainnya. Misalnya musik dapat membantu menciptakan ketegangan, menggunakan suara detak jantung untuk mempercepat detak jantung penonton, atau bahkan penggunaan suara keheningan untuk membuat penonton takjub dan antisipasi. Tanpa musik, nyawa film akan hilang, penonton jauh lebih sulit untuk masuk ke dalam dunia film yang mereka tonton.

Elemen Krusial Sebuah Film

Saking lekatnya antara Musik dan Film, ada beberapa film yang musik atau soundtraknya amat ikonik. Jika mendengar lagunya otomatis terlintas judul atau adegan film itu. Sebut saja lagu Ada Apa Dengan Cinta yang dinyanyikan Melly Goeslaw ft. Eric dalam film berjudul sama tahun 2002.

Baca artikel musik menarik lainnya di Lima Bintang Record News.

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Lima Bintang Records

Alamat :

Jl. Kalibata Utara II, RT.2/RW.7, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

email :  andra.bagindas@5bintang.id

Phone  +62 812 8064 4188