Taking too long? Close loading screen.
Lima Bintang

PERFORMING RIGHTS: Dari Ahmad Dhani ke Once Mekel, Hingga Rhoma Irama dan Deep Purple

soal performing rights antara ahmad dhani dan once mekel

Persoalan Performing Rights belakangan ini kembali menjadi pembahasan khalayak. Hal itu terjadi setelah Ahmad Dhani memutuskan kembali lagi ke WAMI. Sebelumnya di bulan yang sama tahun lalu, Maret 2022, Ahmad Dhani Memutuskan untuk keluar dari Lembaga itu.

Kembalinya Dhani ke WAMI bertujuan mempertegas addendum terkait EO dan penyanyi profesional yang ingin memakai lagunya. Dhani mengakui adanya kerugian akibat pihak profesional yang menyanyikan lagu-lagunya tanpa izin. Karena, sebelum Dhani bergabung ke WAMI, para profesional itu belum dikenakan pembayaran.

Persoalan Performing Rights Ahmad Dhani Dan Once Mekel

Dalam sebuah Interview di acara Tonight Show yang tayang tgl 12 Nov 2022, Ahmad Dhani pernah melontarkan pernyataan bahwa Once Mekel adalah salah satu professional yang belum membayar Performing Rights kepadanya.

Saat interview perilisan albumnya, 21/2/2023, Once merespon pernyataan Dhani dengan mengatakan mereka berdua sedang mencari titik tengah untuk isu Performing Rights ini.

“Resminya sih harus lewat LMKN, tapi saya sebagai teman, kompromi enggak apa-apa. Saya lagi cari titik tengahnya. Titik tengahnya, komprominya satu lagu okelah berapa.” Kata Once.

Rhoma Irama dan Deep Purple: Intro Yang Dihentikan

Soneta Grup menjadi opening act Deep Purple World Tour 2023 pada hari Jumat, 10 Maret 2023 di Eduotorium UMS, Solo, Jawa Tengah. Grup Band pimpinan Rhoma Irama itu langsung membuka konser dengan memainkan intro legendaris lagu Smoke On The Water. Namun ketika Soneta baru memainkan intro beberapa bar, seorang laki-laki dari tim Deep Purple menaiki panggung dan mencoba menghentikan intro.

Kejadian penghentian Soneta oleh kru Deep Purple di kala isu Performing Rights antara Ahmad Dhani dan Once Mekel juga sedang deras diperbincangkan menggiring asumsi warganet bahwa penyebab kejadian itu adalah masalah Performing Rights. Warganet berasumsi bahwa Rhoma Irama dan Soneta-nya belum izin kepada Deep Purple untuk memainkan Smoke On The Water.

Menanggapi isu tersebut, promotor konser mengatakan bahwa peristiwa tersebut hanya miskomunikasi saja. Sebab pihak promotor sudah menjalin komunikasi dengan Deep Purple terkait hal tersebut.

Baca artikel musik menarik lainnya di Lima Bintang Record News.

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Lima Bintang Records

Alamat :

Jl. Kalibata Utara II, RT.2/RW.7, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

email :  andra.bagindas@5bintang.id

Phone  +62 812 8064 4188