Taking too long? Close loading screen.
Lima Bintang

ğŸŽ¶Performing Rights

performing-rights

Performing Rights di indonesia

Di Indonesia, Performing Rights diatur oleh Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Pada Pasal 15 ayat (1) disebutkan bahwa pemilik hak cipta memiliki hak eksklusif untuk melaksanakan karyanya di muka umum atau melalui siaran. Dalam hal ini, Performing Rights meliputi hak untuk melakukan karya musik secara live atau di depan umum, atau menggunakan karya musik dalam siaran radio, televisi, atau platform digital. Untuk memfasilitasi pengumpulan royalti Performing Rights di Indonesia, terdapat beberapa organisasi manajemen kolektif hak cipta, seperti KCI (Karya Cipta Indonesia) dan Yayasan Karya Cipta Indonesia (YKCI). Organisasi-organisasi tersebut memiliki tugas untuk mengumpulkan royalti Performing Rights dari pengguna karya musik dan mendistribusikan pembayaran tersebut kepada pemilik hak cipta. Selain itu, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia juga telah membentuk lembaga yang berfungsi sebagai pengawas terhadap organisasi manajemen kolektif hak cipta, yaitu Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual. Namun, meskipun sudah ada regulasi dan organisasi yang menangani Performing Rights di Indonesia, masih banyak kasus pelanggaran hak cipta yang terjadi, terutama dalam bentuk pembajakan atau penggunaan karya tanpa izin. Oleh karena itu, perlindungan dan pengawasan Performing Rights di Indonesia masih menjadi tantangan bagi pihak terkait.

You might also enjoy

Tour De Java: BAGINDAS. Kiri-Kanan: Feri, Wendy, Ragil, Andra, Rycko Ria
Tour De Java: Membara Bersama BAGINDAS X Rycko Ria di Jawa Tengah dan Jawa Timur

Selama awal Agustus 2023, Jawa Tengah dan Jawa Timur menjadi saksi rangkaian tur musik yang menggelegar, yang membawa suasana meriah dan membara ke empat kota berbeda. BAGINDAS yang beranggotakan Andra, Feri, Wendy, dan Ragil menggandeng Rycko Ria untuk melakukan Tur yang diberi nama Tour De Java: BAGINDAS X Rycko Ria di Tuban, Semarang, Blitar, dan Surabaya.

The Tielman Brothers
The Tielman Brothers: Bapak Indorock Dunia

Sebelum Hendrix, lebih dulu dari The Beatles, juga dari The Who dan Led Zeppelin, band asal Indonesia The Tielman Brothers telah memulai era rock-nya sendiri di luar negeri. Era Indorock!