Taking too long? Close loading screen.
Lima Bintang

Wage Rudolf Soepratman: Anak Band Pencipta Lagu Indonesia Raya

wage rudolf soepratman, anak band pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya

Sang Pencipta Lagu Kebangsaan

Hari Musik Nasional yang baru saja diperingati setiap 9 Maret, amat erat kaitannya dengan Musisi satu ini. Hal itu lantaran pemilihan tgl 9 Maret oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2013 sebagai Hari Musik Nasional mengacu pada tanggal kelahiran sang pencipta lagu kebangsaan “Indonesia Raya” ini.

Wage Rudolf Soepratman atau Wage, sapaan beliau, adalah sang pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, yang pertama kali Ia perdengarkan pada Kongres Pemuda Il, Jakarta, 28 Oktober 1928.

Awal Karir Bermusik Wage Rudolf Soepratman

Pada 1920, Van Eldik, kakak ipar Wage, mengajak Wage bergabung ke dalam band bentukannya di Makassar, yaitu Black and White Jazz Band. Band ini terdiri dari enam orang, termasuk van Eldik dan Wage.

black and white jazz band: band Wage Rudolf Soepratman
Black And White Jazz Band. Band bentukan W.M. Van Eldik di Makassar.

Di dalam grup musik Black and White Jazz Band, posisi Wage adalah sebagai seorang violinis. Wage juga pertama kali memainkan lagu Indonesia Raya di Kongres Pemuda II secara instrumental menggunakan Biola, yang memang keahliannya.

Karya-Karya Wage

Selain lagu kebangsaan Indonesia Raya, Wage juga menciptakan karya lain selama masa hidupnya, di antaranya: Indonesia Ibuku, Bendera Kita Merah Putih, R.A. Kartini, Bangunlah Hai Kawan, Di Timur Matahari, dan Matahari.

Akhir Hayat Sang Musisi

17 Agustus 1938, tanggal yang sama dengan kemerdekaan RI, Wage Rudolf Soepratman mengembuskan napas terakhir akibat penyakit yang lama Ia idap. Beliau tidak sempat menikmati kemerdekaan yang Ia perjuangkan melalui lirik lagu Indonesia Raya

Nasibku sudah begini. Inilah yang disukai oleh pemerintah Hindia Belanda. Biarlah saya meninggal saya ikhlas. Saya toh sudah beramal berjuang dengan caraku, dengan biolaku. Saya yakin Indonesia pasti merdeka.

– Wage Rudolf Supratman

Polemik Tanggal Kelahiran

Penetapan tanggal 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional merujuk kepada tanggal lahir Wage Rudolf Soepratman. Namun putusan Pengadilan Negeri Purworejo pada 29 Maret 2007 menyatakan fakta berbeda. Wage Rudolf Soepratman dinyatakan lahir pada Kamis Wage, 19 Maret 1903 di Dukuh Trembelang, Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Baca artikel musik menarik lainnya di Lima Bintang Record News.

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Lima Bintang Records

Alamat :

Jl. Kalibata Utara II, RT.2/RW.7, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

email :  andra.bagindas@5bintang.id

Phone  +62 812 8064 4188